Kesehatan Mata

Kesehatan Mata

Kesehatan Mata 

Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat berharga. Memiliki mata yang sehat memang menjadi impian bagi semua orang. Meskipun, terkadang tidak sedikit yang mengabaikan perawatan yang baik untuk mata. Anda dapat merawat mata Anda dengan cara yang mudah, yaitu dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran. Wortel, sejak dulu memang dikenal untuk membantu kesehatan mata. Wortel mengandung beta karoten yang sangat tinggi dan baik untuk menstabilkan kondisi mata yang sehat.

Banyak orang yang secara tidak sadar, mencuci wajah dan secara tidak langsung membasuh mata mereka dengan air. Hal ini adalah salah satu tindakan yang harus dihindari, khususnya ketika tubuh berkeringat setelah berolahraga atupun setelah terkena panas dan matahari. Melindungi debi, asap, dan sinar matahari yang terik, serta angin kencang, juga menjadi tindakan yang utama dalam menjaga mata Anda.

Mata membutuhkan Vitamin C, A dan E, asam folat, selenium dan seng yang pasti bermanfaat. Salah satu bentuk lain adalah dengan meminum susu setiap hari. Susu memiliki vitamin yang tinggi dan penting untuk tubuh. Ditambah dengan jenis makanan seperti kubis dan wortel sangat membantu mempertahankan konsisi kesehatan mata yang indah. Hindari untuk memakai kontak lensa selama lebih dari 12 jam. Pemakaian yang lebih lama, akan dapat merusak mata secara permanen. pemakanan kacamata pelindung saat bekerja atau saat bermain juga harus dipilih secara selektif untuk menjaga dari kerusakan mata. Jangan melihat langsung pada matahari.

Kesehatan Mata

Cara lain yang sederhana untuk melindungi mata adalah dengan melalui palming. Caranya, gosok kedua telapak tangan selama sekitar 30 detik, menutup mata dengan menggunakan kedua telapak tangan secara lembut di atas mata. Atau Anda juga dapat melakukan pengompresan terhadap mata, dengan cara mencelupkan kapas dalam air dingin dan kemudian tutup mata Anda dan letakkan kedua kapas diatas kelopak mata Anda. Kapas juga dapat diganti dengan potongan tipis dari buah timun. Hal ini akan memberikan kesejukan dan relaksasi tersendiri untuk mata Anda. Diamkan selama sekitar 15 menit, mata Anda akan terasa jauh lebih segar. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mengatasi kelelahan pada mata. Gunakan cara ini secara rutin, terutama ketika mata Anda lelah dan panas. Kelelahan pada mata dapat disebabkan karena kurang tidur, ketegangan, stres, dan lain-lain.

Tips perawatan mata:

1. Jangan cuci mata atau wajah pada saat berkeringat.
2. Lindungi mata Anda dari debu, asap, sinar matahari yang kuat dan angin kencang.
3. Mengkonsumsi banyak sayuran hijau, ikan dan buah-buahan segar, terutama wortel yang diperkaya vitamin.
4. Pakailah kacamata pelindung saat bekerja atau bermain yang aman untuk mata.
5. Selalu gunakan kacamata hitam selama siang hari untuk melindungi mata Anda dari sinar matahari. Sinar matahari langsung menyebabkan kerusakan berat pada mata.
6. Makan kubis dan wortel sangat bermanfaat untuk mata.
7. Menggunakan baby oil untuk menghilangkan riasan dan debu pada mata.
9. Tempatkan sepotong kentang atau mentimun pada kedua mata, setelah 10 – 15 menit lepaskan dan basuh mata dengan air hangat suam-suam kuku. Hal ini membantu untuk menghindari keriput di bawah mata dan lingkaran hitam di sekitar mata, serta memberi kesegaran tersendiri pada mata.
10. Tidak menggunakan kontak lensa lebih dari 12 jam sehari.
11. Jangan menggosok tangan pada mata, miminal cuci tangan terlebih dahulu dan pastikan tangan Anda benar-benar bersih saat menyentuh mata.

Sumber gambar: http://easyurl.net/85597

Related Keyword: