kesehatan gigi

Kesehatan Gigi

Kesehatan Gigi 

Berbagai asupan makanan dan minuman dapat mempengaruhi kesehatan pada gigi Anda. Namun, terkadang masih banyak orang yang menyadari bagaimana makanan dan minuman dapat merusak kesehatan gigi.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memperburuk kondisi kesehatan dan merusak warna putih pada gigi Anda.

Gula
Gula merupakan musuh yang paling utama pada gigi. Semakin lama gula menempel pada gigi, maka akan lebih memperburuk kondisi kesehatan gigi. Khususnya, gula yang di konsumsi oleh bakteri penghasil asam mulut Anda. Asam tersebut dapat menggerogoti enamel gigi. Selain itu, hindari makanan manis lainnya yang mengandung kadar gula tinggi seperti permen jelly, buah kering seperti kismis, dan jenis makanan pemanis lainnya.

Jenis Minuman
Soda yang memiliki kadar gula ataupun non-gula, dapat menimbulkan rasa asam di mulut. Menurut hasil uji klinis sebuah kedokteran bidang ilmu gigi, soda sangat berbahaya karena keasaman yang dihasilkan. Begitu juga dengan minuman jenis jus dengan gula sebagai bahan penamis tambahan. Selainitu, alkohol juga menjadi pemicu utama kerusakan pada gigi. Bahkan, hanya dengan segelas anggur, asam yang dihasilkan dapat mengikis gigi secara perlahan. Selain itu, alkohol dapat mengeringkan mulut Anda dan mengurangi produksi air liur. Air liur yang menggenangi gigi dapat membantu menghilangkan plak dan juga menghambat pertumbuhan bakteri dari permukaan gigi. Dengan mengurangi plak pada gigi berarti Anda telah mengurangi resiko dari asam bakteri pada mulut yang dapat menyebabkan pembusukan. Bilas mulut anda dengan air putih di sela-sela jenis minuman diatas.

Risiko Pada Gigi

Jika Anda menggunakan gigi Anda untuk membuka tutup botol, membuka tag pakaian, atau merobek kantong plastik, segera berhenti. Seorang perokok juga harus mempertimbangkan bagaimana kebiasaan merokok dapat mempengaruhi kesehatan mulut. Disamping nikotin yang dapat membuat gigi kuning, merokok juga dapat menyebabkan kanker mulut. Mengunyah tembakau bahkan lebih buruk, karena karsinogen yang terkandung pada tembakau dapat kontak langsung dengan gusi dan jaringan lunak dan menempel dalam waktu yang lama.

Juga, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda apakah obat yang Anda gunakan dapat menyebabkan mulut kering. Mulut yang kering dapat menghambat produksi air liur dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

 

kesehatan gigi

Selain ingin memiliki gigi yang sehat, Anda pastinya juga menginginkan gigi yang putih. Banyak gigi sistem dan produk pemutih yang tersedia, termasuk pemutih pasta gigi, gel over-the-counter, bilasan, strip, nampan, dan produk pemutih yang diperoleh dari dokter gigi. Pemutihan gigi sangat ideal untuk orang yang memiliki gigi yang sehat sehat, gigi direstorasi (ada tambalan) dan gusi. Namun menggunakan berbagai produk kosmetik umumnya tidak dianjurkan untuk semua orang. Mulailah untuk mencoba lebih selektif dalam memilih jenis pemutihan gigi yang baik untuk kesehatan gigi Anda.

Kesehatan gigi pada setiap orang berbeda-beda, begitu juga dalam hal perawatan dan penanganan masalah gigi. Berkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau ahli medis Anda, untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi Anda, daya sensitifitas gigi Anda, untuk mendapatkan perawatan gigi yang sehat secara maksimal. Berbagai jenis makanan dan minuman yang perlu diabtasi, juga dapat mempengaruhi kesehatan gigi. Jika suatu saat Anda mengalami perubaha seperti perubahab warna pada gusi atau peningkatan sensitivitas gigi terhadap makanan panas atau dingin dan minuman, berhenti untuk menggunakan pasta gigi dan mengganti jenis sikat gigi Anda, dan gunakan sesuai dengan yang disarankan oleh dokter.

Sumber gambar: http://easyurl.net/81c78