Kadar Kolesterol Normal

Kadar Kolesterol Normal

Kadar kolesterol normal adalah sekitar 160 mg/dl – 200 mg/dl. Kadar kolesterol lebih dari 200 mg/dl sudah mengindikasikan adanya masalah kolesterol yang dapat memicu munculnya penyakit akibat kolesterol atau dislipidemia.

Kolesterol secara normal memilki fungsi yang sangat penting di dalam tubuh kita. seperti pembentuk hormon, pembungkus syaraf, dan lain sebagainya. jadi tidak sepenuhnya kolesterol itu dapat menimbulkan masalah. Berfungsi membungkus syaraf misalnya, fungsi ini sangat beraitan erat dengan kemampuan daya ingat seseorang, menurut sebuah teori terbaru kolesterol memiliki peranan terhadap pembentukan IQ seseorang.  fungsi lain kolesterol adalah sebagai bahan baku pembentukan steroid penting dalam tubuh seperti asam empedu, dan asam folat. asam empedu penting untuk mengmulsi lemak dalam tubuh, dan asam folat (vit.B9) memiliki fungsi penting dalam pembelahan dan pertumbuhan sel, bahkan untuk ibu hamil asam folat sangat diperlukan untuk mencegah kecacatan tabung syaraf pada janin. Kolesterol juga diperlukan dalam pembentukan hormon lain seperti estrogen, androgen, dan progesteron. dan fungsi-fungsi kolesterol lainnya.

jadi dengan kadar normal kolesterol 160 mg/dl – 200 mg/dl fungsi-fungsi vital kolesterol dapat berjalan dengan baik. tetapi kolesterol dapat membahayakan tubuh jika kadarnya sangat tinggi diatas 200 mg/dl. bila kolesterol ini terdapat dalam jumlah yang terlalu banyak dalam darah dapat membentuk endapan pada dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan yang disebut aterosklerosis.

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder