Kacang

Kacang, makanan kecil ini sering sekali disajikan sebagai suguhan di hari lebaran, bentuknya yang kecil dan lezat ini seringkali membuat kita ngemil sampai lupa sudah terlalu banyak. Walaupun mitosnya kacang dapat menyebabkan timbulnya jerawat tapi pada kenyataan kacang kaya akan manfaat bagi tubuh kita. Kandungan kacang tanah kaya akan lemak, protein tinggi, vitamin E, kalsium, vitamin B kompleks, forforus, vitamin A dan K, dan kolin. Kandungan protoin dalam kacang lebih tinggi dibandingkan dengan daging, rasa manis dari kacang pun juga dapat diolah menjadi kue.

Selain kandungan vitamin yang ada di dalamnya, ternyata makanan biji-bijian ini juga dapat memperbaiki ketahanan tubuh dan mencegah penyakit. Ada penelitian yang mengatakan, mengkonsumsi kacang tanah sebanyak satu ons dalam lima kali seminggu dapat mencegah penyakit jantung, kacang membantu kemampuan pompa jantung yang meminimalisasi resiko penyakit jantung.

Beberapa kegunaan kacang yang dapat anda manfaatkan bagi kesehatan

Meningkatkan kesuburan

Wanita pada awal kehamilan disarankan untuk memenuhi 400 gram asam folat untuk mengurangi 70% resiko bayinya lahir cacat, asam folat yang baik bagi ibu hamil banyak terkandung di dalamnya.

Mencegah batu empedu

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan ini sebanyak 1 ons bisa menurunkan resiko terjadinya batu empedu hingga 25%

Membantu melawan depresi

Serotonin merupakan bahan kimia didalam otak yang membantu menciptakan mood seseorang, apabila orang tersebut mengalami depresi maka jumlah serotonin bisa berkurang. Nah, kacang yang merupakan sumber triptofan yaitu asam amino dapat meningkatkan jumlah serotonin di dalam darah.

Mengontrol kolestrol

Kandungan tembaga di dalam kacang berguna untuk mengontrol kolestrol di dalam darah dengan cara memerangi kolestrol baik dan kolestrol jahat.

kacang

Mengurangi resiko serangan jantung

Mengkonsumsi kacang-kacangan dengan jumlah yang sesuai dan teratur dapat mengurangi resikonya terjadi serangan jantung. Tentu saja apabila dikonsumsi sesuai aturan dan tidak berlebihan.

Mencegah tumbuhnya sel kanker

Fistosterol di dalam kacang-kacangan tidak hanya dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan  kolesterol saja tetepi juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Fistosterol ini hampir ada di setiap jenis kacang-kacangan. Namun, bagi penderita kanker payudara sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi kacang.

Menurunkan berat badan

Penelitian menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang tanah kurang lebih 2 kali dalam seminggu memiliki kemungkinan obesitas lebih kecil, karena kacang merupakan serat yang dapat digunakan untuk berdiet.

Meningkatkan kekuatan otak

Kandungan vitamin B 3 didalamnya membantu kesehatan bagi tubuh, termasuk membantu memaksimalkan fungsi otak dan meningkatkan kekuatan daya ingat, dan mencegah penyakit alzheimer.

Menunda keriput

Ternyata mengkonsumsinya dapat membuat awet mudah lho. Vitamin E dan asal lemak esensial yang ada di dalamnya sangat baik untuk memperbaharui sel-sel kulit, dan juga merupakan anti oksidan yang membantu menyehatkan kulit serta melindungi kulit dari radikal bebas.

Mencegah anemia

Zat besi yang terkandung didalam kacang sangat berperan dalam proses pembentukan sel darah merah, sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi bagi orang-penderita anemia, karena kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

Setelah mengetahui ada banyak sekali manfaat biji-bijian ini, maka jangan takut lagi mengkonsumsi si kecil yang enak ini, karena ternyata sangat banyak manfaat bagi kesehatan yang kita dapat darinya, tetapi ingat pada jumlah konsumsi yang dianjurkan dan jangan berlebih agar kita bisa benar-benar merasakan manfaat dari kacang.

Sumber gambar : http://goo.gl/00fk0H

Related Keyword: