ilmu kesehatan masyarakat

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Ilmu kesehatan masyarakat merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang pola hidup bermasyarakat serta interaksi dengan lingkungan sekitar. Banyak yang mempercayai bahwa dengan menguasai studi pendidikan kesehatan masyarakat, sangat bermanfaat untuk membangun perkembangan kehidupan makhluk hidup. Bukan bermanfaat sebatas segi lingkungan masyarakat setempat, melainkan juga dapat menjadi suatu modal utama bagi kelancaran hidup bangsa. Untuk dapat mencapai hasil yang maksimal, perlu diadakannya beberapa upaya berkaitan dengan pendidikan kesehatan masyarakat.

Studi ini berfokus pada beberapa permasalahan utama yang dapat menjadi hambatan pada metode pengajaran pendidikan kesehatan bagi perorangan, keluarga, serta bagi lingkungan masyarakat atau kelompok luas. Salah satu contoh untuk pencarian solusi bagi permasalahan=permasalahan umum pada kesehatan masyarakat, dapat dilakukan dengan melakukan sosialisasi mengenai pentingnya kesadaran pembelajaran tentang studi tersebut. Dengan usaha melakukan pembelajaran ini, diharapkan dapat membantu menambah pengetahuan luas dan membentuk sebuah perilaku baik dalam menciptakan pendidikan kesehatan yang maksimal.

Menurut beberapa definisi, pengertian pendidikan kesehatan merupakan suatu metode perubahan bagi seseorang hingga dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mengimbangi kesehatan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, dapat digambarkan sebagai suatu upaya yang memang terencana untuk memberikan pengaruh terhadap individu lain atau bahkan kelompok masyarakat agara dapat menjalankan metode sesuai denagn yang diharapkan oleh para pelaku pendidikan.

Untuk dapat mencapat proses perubahan dari tingkah laku seseorang, atau bahkan kelompok masyarakat, dalam memperbaiki perilaku sehat terhadap lingkungan sekitarnya, semua orang diharapkan agar tetap konsisten dalam peran aktif masing-masing, agar tercapat kondisi sehat semaksimal mungkin. Tahap awal pembentukan ini biasanya dimulai dari dalam diri sendiri, kemudian memberikan pengaruh terhadap keluarganya, dan berkembang kepada lingkungan masyarakat kecil tempat mereka tinggal, hingga mencapai pada cangkupan kelompok yang lebih luas.

Secara formal, jenis studi ini bisa di dapatkan di sekolah. Tetapi, jika ingin dikembangkan secara luas, studi ini dapat dipelajari dan di praktekkan dimana saja dalam jangkauan waktu yang tidak terbatas. Semua individu dapat memberikan pengaruh intens terhadap pengetahuan pendidikan kesehatan yang mereka miliki kepada orang lain. Meskipun, metodi ini tidak mudah diterima langsung oleh pihak lain, tetapi dengan memberikan target sasaran yang tepat, serta memberikan pola contoh dalam kehidupan sehari-hari, dapat memberikan sebuah pengaruh besar yang memiliki peran kuat untuk bisa mengajak orang lain melakukan hal yang sama.

Sebagai pendidik, peran utamanya adalah membuat target atau sasaran kepada orang lain, untuk dapat merubah perilaku dan pola hidup sehat. Studi pembelajaran ini dapat disebut berhasil, apabila target tersebut sudah dapat mengubah segala sesuatunya seperti yang telah di terapkan.

ilmu kesehatan masyarakat

Bentuk keseimbangan kesehatan pada intinya merupakan sebuah respon dari seseorang akan stimulus yang berhubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh. Jika suatu keluarga hidup atau tinggal di dalam lingkungan yang tidak sehat, sistem kekebalan tubuh akan cenderung menurun dan menyebabkan terserang berbagai penyakit dari bakteri lingkungan. Penyebaran ini dapat meliputi dari jenis asupan makanan, limbah air, serta buruknya pencemaran udara.

Jika dihubungkan antara perilaku manusia dengan pendidikan serta perilaku keseharian, dapat menghasilkan sebuah korelasi penting untuk timbulnya sebuah solusi ataupun dampak bagi kesehatan lingkungan. Siapapun dapat berperan serta dalam menghasilkan kesehatan lingkungan jauh lebih baik lagi, tidak memandang dari segi usia, status sosial, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Pemeliharaan terhadap lingkungan sehat, bisa membawa kebugaran pada tubuh, juga bagi lingkungan itu sendiri.

 

Sumber gambar:
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ-j7YVKfCI6wH4vEy3BQuOaqEFo_TZ93572pz16er3VJOxsRTycA

Related Keyword: