Fitnes

Fitnes

Dewasa ini, fitnes mungkin sudah menjadi gaya hidup di kalangan kaum metropolis. Banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukan fitness secara rutin. Tak hanya untuk kebutuhan fisik, aktivitas mengasyikkan ini juga memiliki berbagai manfaat lain yang pastinya akan membuat kondisi psikologis kita, semakin baik.

Jika ditinjau dari aspek psikologis, aktivitas fitnes akan membantu anda untuk menghadapi stress dengan lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan exercise atau latihan secara rutin dengan baik, memiliki tingkat depresi yang rendah. Manfaat fitnes secara psikologis antara lain dapat memperbaiki mood anda dalam melakukan semua aktivitas, membantu daya pikir dan kemampuan analisis, mengurangi resiko mengalami depresi dan melindungi kesehatan psikologis, serta membantu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga anda akan merasakan fresh sepanjang hari.

fitness

Kemudian, secara fisik, exercise membuat tubuh dan kesehatan anda menjadi lebih baik. Seperti menjaga berat badan tubuh, mengurangi resiko terkena serangan jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Struktur tulang, otot dan juga persendian, juga akan mendapat perbaikan, sehingga memberikan kesempatan bagi anda untuk hidup lebih lama dan awet muda, serta membentuk tubuh anda menjadi tubuh ideal dan sehat.

Agar exercise atau kegiatan fitness yang kita lakukan tepat dan sesuai dengan tujuan yang akan kita capai, perhatikanlah beberapa hal di bawah ini :

Lakukan secara teratur

Lakukan beberapa jenis aerobic dan juga latihan untuk otot 30 sampai 60 menit, tiga atau lima kali dalam seminggu untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Lakukan secara perlahan

Mulailah exercise dengan intensitas yang rendah terlebih dahulu agar tubuh secara perlahan dapat beradaptasi lalu tingkatkan secara perlahan.

Tambahkan variasi

Agar tetap termotivasi lakukan variasi pada setiap latihan. Selain aktivitas kardio cobalah tambahkan beberapa aktivitas lain yang dapat meningkatkan performa atau aktivitas lainnya yang menyenangkan.

Tetap semangat dalam mengoptimalkan kesehatan dan performa

Ingatlah apa tujuan awal kita menjalani exercise ini, sehingga kita akan selalu termotivasi dan lebih meningkatkan lagi kualitas dari exercise yang kita jalani.

Selama melakukan kegiatan olahraga, kita juga senantiasa dihantui oleh cedera. Begitu pula dengan fitness yang juga dapat mendera anda, seperti kram otot, tendonitis, dan cedera lainnya. Untuk menghindari cedera, berikut adalah langkah-langkah sederhana yang bisa anda lakukan.

Kenali tubuh anda

Dengarkan sinyal-sinyal dari tubuh anda, apabila tubuh kita terlalu lelah dari exercise sebelumnya sebaiknya jangan lakukan latihan terlebih dahulu, atau lakukan exercise dengan santai.

Pemanasan

Awali setiap exercise dengan pemanasan, yang tujuannya adalah menyiapkan tubuh untuk menerima berbagai gerakan fitness yang akan meningkatkan denyut jantung dan peredaran darah untuk mengerakkan otot.

Stretch

Ketika otot hangat, otot tersebut menjadi lebih elastis. Semakin siap tubuh anda untuk melakukan exercise makan semakin kecil pula resiko untuk mengalami cedera.

Cool down

Setiap exercise harus diakhiri dengan pendinginan, waktu yang dibutuhkan untuk cooling down berkisar antara 5-10 menit dengan latihan kardio, dengan intensitas yang rendah dan diikuti dengan stretching agar mengurangi nyeri otot dan recovery agar tubuh dapat siap kembali untuk exercise berikutnya.

Nah, berbagai hal seputar fitness yang diuraikan di atas, tentu dapat merubah pandangan anda tentang fitness. Jika sebelumnya mungkin anda merasa fitness itu rumit, ternyata sangat sederhana bukan.

So, siap untuk mendapatkan tubuh ideal yang sehat dan bugar? Yuk kita fitness.

Sumber gambar : http://bit.ly/18Txfvi