diet

Diet

Diet

Banyak hal menyebabkan seseorang mengikuti program diet. Namun, secara umum obesitas (kelebihan lemak tubuh) atau keinginan untuk mendapatkan tubuh yang langsing menjadi alasan utamanya. Bila tubuh seseorang memiliki terlalu banyak lemak, maka banyak penyakit dapat dengan mudah menjangkiti tubuh kita seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, sesak nafas, dan penyakit lainnya.

Para ahli gizi atau dokter biasanya menyarankan seseorang untuk melakukan diet sehat untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan saat mengalami obesitas atau kegemukan. Selain untuk menurunkan berat badan, menjaga kesehatan tubuh juga merupakan alasan tepat untuk mengikuti program penurunan berat badan. Selain berolahraga, diet juga merupakan alternatif atau jalan keluar untuk siapa saja yang ingin tetap sehat dan ramping.

Program diet untuk menurunkan berat badan terdiri dari berbagai macam. Seseorang bisa memilih program yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu juga harus diperhatikan bahwa tidak semua program tersebut sehat sehingga kita harus benar-benar selektif saat memilih program untuk melangsingkan tubuh. Berikut ini beberapa program yang saat ini banyak dipilih untuk menguruskan berat badan.

diet

Diet Rendah Lemak
Sebenarnya program ini tidak berari bahwa kita tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak karena agar kita tetap berenergi, kita juga harus mengkonsumsi 30 hingga 35 persen dari total kalori lemak. Pada program ini, Anda wajib untuk menghindari makanan-makanan yang banyak mengandung lemak jenuh contohnya adalah gorengan. Sementara itu, makanan dengan lemak tak jenih seperti ikan dan kacang-kacangan masih bisa Anda konsumsi.
Saat ini juga sudah banyak produk-produk rendah lemak yang tersedia di pasaran. Produk tersebut bisa menjadi alternatif yang bagus. Anda sebaiknya mulai mengganti gula, susu, dan produk lainnya dengan bahan-bahan makanan yang lebih menyehatkan.

Diet Rendah Karbohidrat
Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, program diet ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun program menguruskan berat badan seperti ini kadang membuat tubuh menjadi tidak seimbang karena karbohidrat berperan sebagai sumber energi utama untuk tubuh. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena mengkonsumsi vitamin B dan serat dapat membantu menyeimbangkan tubuh kembali. Anda dapat mengkonsumsi makanan seperti biji-bijian dan menggantu menu sarapan Anda dengan oat meal.

Diet Vegetarian
Jika Anda ingin melakukan ini, maka ucapkan selamat tinggal pada makanan camilan dan daging karena dalam program ini Anda hanya akan mengkonsumsi makanan organik seperti sayuran, buah-buahan, dan jamur.Sayur-sayuran kaya akan serat, protein, zat besi, kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Tomat, bayam, paprika, brokoli, dan terong memiliki banyak nutrisi penting yang dapat mencegah kanker dan rendah kalori.

Diet Makanan Mentah
Anda jangan kaget dulu karena program diet ini bukan berarti Anda murni mengkonsumsi makanan-makanan mentah. Anda pasti tahu bahwa makanan yang dimasak terlalu lama akan kehilangan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Orang-orang yang mengikuti program ini sangat yakin akan hal itu. Oleh sebab itu, mereka hanya memasak makanan dengan suhu kurang dari 47 °C. Sushi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk program ini. Namun, bila Anda memiliki masalah untuk mengkonsumsi makanan mentah, sebaiknya Anda tidak memilih program ini.

Diet Bland
Jika Anda memiliki masalah dengan saluran pencernaan, dokter biasanya akan menganjurkan Anda untuk melakukan program ini. Dalam diet ini, Anda wajib mengkonsumsi makanan-makanan rendah lemak, rendah serat, dan teksturnya lunak. Makanan yang akan dikonsumsi sebaiknya dikukus lebih dahulu supaya lebih mudah dicerna. Yogurt, susu, keju, buah, dan sayuran yang sudah dimasak dapat menjadi pilhan Anda. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan pedas, makanan mentah, dan gorengan.

Sumber gambar : http://goo.gl/jy2JM