diet sehat

Diet Sehat

Diet Sehat

Diet sehat memang menjadi pilihan utama bagi Anda yang ingin menjalankan suatu program diet. Meskipun ada banyak jenis program diet dan bahkan berbagai produk kecantikan yang menawarkan untuk memaksimalkan program diet yang sehat, ada baiknya jika Anda memulai program diet Anda sendiri secara alami. Diet yang alami sudah dapat dipastikan aman untuk kesehatan tubuh Anda. Berkonsultasilah dulu terhadap dokter atau ahli medis Anda sebelum Anda memulai program diet sehat yang alami.

Diet Vegetarian

Ada berbagai jenis program diet sehat, salah satunya adalah dengan program diet vegetarian, yaitu dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat yang mengandung banyak unsur buah dan sayuran. Kebanyakan dokter dan ahli gizi setuju bahwa tinggi diet rendah lemak dalam buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan bisa menjadi keuntungan untuk kesehatan. Ada juga pengakuan luas bahwa mengurangi atau menghilangkan daging merah dari diet mengurangi risiko penyakit jantung.

Hasil penelitian juga telah menunjukkan bahwa pola makan nabati dapat meningkatkan kesehatan orang dengan diabetes tipe 2. Sebuah studi pada tahun 2004 dan 2005 menunjukkan bahwa orang yang mengidap penyakit diabetes yang mengikuti diet vegan rendah lemak akan dapat mengurangi jumlah obat diabetes yang harus di konsumsi setiap hari. Selain itu, berat badan pun akan turun dengan secara bertahap dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Diet vegetarian juga dapat meningkatkan sensitivitas unsulin dan meningkatkan kontrol pada glukosa darah dan kontrol lipid.

Jika direncanakan dengan baik, diet vegetarian dapat menyediakan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Selain itu, menjadi vegetarian dapat benar-benar lebih baik untuk Anda. Secara umum, diet vegetarian dapat membantu Anda mengurangi resiko:

– Kelebihan berat badan seperti kebanyakan orang yang mengkonsumsi daging berlebih
– Kematian yang disebabkan karena penyakit jantung
– Memiliki kadar kolesterol yang sangat rendah
– Tekanan darah tinggi yang berlebih
– Kanker prostat
– Kanker usus besar
– Diabetes tipe 2
– dan lain sebagainya

diet sehat

Menjaga keseimbangan

Selama menjalani diet vegetarian, ada baiknya juga untuk diimbangi dengan beberapa asupan untuk seperti kacang-kacangan, kacang polong, lentil, telur, tempe, selai kacang, yogurt, keju, dan produk susu lainnya seperti susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium, vitamin B12, dan vitamin D.

Ada banyak orang yang lebih memilih untuk mengikuti diet vegetarian, memiliki alasan bahwa mereka yakin diet vegetarian adalah diet yang sehat, karena kebanyakan menu yang terdapat dalam program diet tersebut lebih cenderung kepada makan-makanan jenis nabati, seperti biji-bijian, buah-buaha, sayuran, dan kacang-kacangan.

Secara garis besarnya, vegan atau vegetarian hanya emmakan makanan berunsur nabati. Mereka tidak memakan daging merah, unggas, ikan, produk susu, telur atau pun makanan lain yang berasal dari hewan seperti madu dan gelatin. Vegetarian terdiri dari tiga unsur yaitu lacto vegetarian, lacto ovo vegetarian, dan semi vegetarian.

Pada lacto vegetarian, umumnya vegan masih dapat mengkonsumsi produk susu seperti keju, susu, dan yogurt. Untuk lacto ovo vegetarian, bahkan dapat mengkonsumsi jenis telur, disamping berbagai jenis produk susu lainnya dalam menu diet mereka. Sedangkan semi vegetarian bahkan masih dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti unggas dan ikan untuk menu diet mereka, namun tetap tidak memakan daging merah.

Dengan mengikuti program diet vegetarian, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, yaitu cholesterollevels rendah, dapat mengurangi beberapa resiko seperti kematian akibat penyakit arteri koroner, mengurangi tekanan darah tinggi, ataupun mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Jika Anda ingin memulai program diet ini, segeralah berkonsultasi pada dokter Anda untuk mendapatkan menu yang sesuai bagi tubuh dan kesehatan Anda.

Sumber gambar: http://easyurl.net/5010f