Diet Kolesterol

Diet Kolesterol untuk penderita dislipidemia

diet kolesterol merupakan jenis diet yang membantu tubuh untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik di dalam tubuh. umumnya diet kolesterol ini bertujuan untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner. masalah penyakit dislipidemia bertitik berat pada normalisali nilai lipid darah untuk mengurangi resiko aterogenik dan penyakit kardiovaskular. penyebab umum peningkatan kolesterol darah adalah faktor keturunan dan asupan lemak tinggi. dan masalah asupan lemak tinggi ini akan mengakibatkan penimbunan lemak tubuh yang umumnya akan mengakibatkan kegemukan. karena itu, proses diet kolesterol juga memliki tujuan untuk menurunan lemak tubuh, jadi selain melakukan rekomendasi diet juga sangat penting memperhatikan aktifitas fisik.

adapun jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam menjalankan diet ini adalah :

Sumber karbohidrat : beras (utamanya beras tumbuk atau beras merah), pasta, makaroni, roti tinggi serat, sereal, ubi, kentang.

sumber protein hewani : ikan, ayam tanpa kulit, daging kukus, putih telur, susu skim.

sumber protein nabati : tempe, tahu, dan kacang-kacangan

sayuran : semua bentuk sayuran dalam bentuk segar, direbus, dikukus, di tumis dengan menggunakan minyak sayur (olive oil, minyak kedelai, minyak jagung) atau sayuran yang dimasak dengan santan encer.

buah : semua jenis buah dalam bentuk segar ataupun bentuk jus (sebaiknya menggunakan rasa manis alami dari buah tanpa penambahan gula )

dibawah ini salah satu contoh menu sehari untuk diet kolesterol

Contoh menu diet kolesterol sehari

Contoh menu diet kolesterol sehari

 

 

 

 

Related Keyword: