diet ibu hamil

Diet ibu hamil

Kondisi hamil pada seorang wanita membawa berbagai perubahan hormon dan penyesuaian tubuh. proses adaptasi tubuh ini disebabkan karena beberapa organ tubuh akan beralih fungsi untuk menunjang perkembangan janin dalam rahim ibu. dengan demikian tubuh memerlukan asupan gizi yang ekstra untuk menghadapi kondisi tersebut agar janin dan ibu tetap dalam kondisi fit dan prima.

Secara teori, kebutuhan kalori wanita saat memasuki masa kehamilan ditambah 300 kkal. jadi jika kebutuhan kalori sebelum hamil adalah 2000 kkal (perkiraan kebutuhan kalori wanita dewasa normal) maka pada masa hamil kebutuhan kalori ibu hamil tersebut setiap harinya adalah 2300 kkal.

Selain penambahan kalori yang dibutuhkan, seorang ibu dalam kondisi hamil juga membutuhkan penambahan mikronutrien lain. seperti asam folat, zat besi, vitamin dan mineral lainnya.

secara sederhana pemenuhan tambahan kalori tersebut adalah dengan menambah asupan zat gizi makro pada asupan harian bumil. seperti penambahan karbohidrat berupa beras, jagung, roti, dan mie. penambahan protein seperti telur ayam, ikan, dan daging ayam, serta lemak. dan pula tambahan buah dan sayuran sebagai pelengkap kebutuhan vitamin, mineral, dan juga serat.

salah satu cara untuk mengurangi rasa mual dan muntah pada trimester awal yang umum terjadi pada ibu hamil sebaiknya menggunakan, ramuan minuman sari jahe yang memiliki khasiat menekan rasa mual dan muntah dan memiliki khasiat lainnya yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil.