diet golongan darah A

Diet Golongan Darah A

Saat ini diet berdasarkan golongan darah menjadi banyak pilihan orang yang berniat untuk menurunkan berat badan. Dipercaya bahwa setiap golongan darah memiliki kebutuhan masing-masing yang berbeda satu sama lain. Diet golongan darah merupakan sebuah diet dengan menyesuaikan makanan yang masuk dengan golongan darah yang dimiliki. Karena golongan darah merupakan kunci dari sistem kekebalan tubuh, program ini dipercaya dapat menaikkan daya tahan tubuh, dan membentuk sebuah antibodi. Diet ini menjadi sangat populer, karena tidak perlu menahan makan yang sangat menyiksa, tidak perlu olahraga secara berlebihan, dan yang paling penting adalah diet ini alami tanpa ikut campur bahan kimia dan tidak perlu susah mencari karena merupakan asupan sehari-hari.

Program diet yang populer sekarang ini pertama dicetuskan oleh Peter J. D’Adamo melalui bukunya “Eat Right 4 Your Type” yang beredar sejak tahun 1996.

Makanan yang tidak sesuai dengan tubuh, dapat menyebabkan datangnya penyakit maupun cepat naik berat badan. Secara garis besar makanan dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu makanan bermanfaat, netral, dan berbahaya atau harus dihindari. Golongan darah O dianjurkan untuk banyak memakan daging karena sumber nutrisi utama mereka adalah protein. Golongan darah B merupakan golongan darah yang lebih fleksibel, boleh makan apa saja kecuali unggas-unggasan. Golongan darah A dianjurkan untuk memakan banyak karbohidrat dan menghindari daging, lebih baik jika menjadi vegetarian. Golongan darah AB merupakan kombinasi antara A dan B.

Disini akan dibahas lebih lanjut mengenai diet untuk individu pemilik golongan darah A.

Makanan yang netral dikonsumsi :

- Daging : Ayam, turki, burung dara

- Telur : Telur ayam, telur puyuh, telur bebek, dan lainnya

- Buah : Melon, pir, blewah, anggur, strawberry, timun, kiwi, kesemek, jambu biji, dan lain-lain

- Jagung, tapioka, roti gandum, tuna

diet golongan darah A

Makanan yang bermanfaat :

- Sayur- sayuran : Brokoli, jahe, labu, wortel, bawang merah, bawang putih, sledri, bayam

- Buah-buahan : Blueberry, blackberry, cranberry, lemon, nanas, mangga, semangka, jeruk bali, ceri

- Kacang-kacangan : Kacang tanah, kacang buncis, kacang kedelai (tempe, tahu), susu kedelai (soy)

- Seafood : Ikan sardin, ikan salmon

- Teh hijau, anggur merah, kopi

Makanan yang berbahaya atau harus dihindari :

- Daging : Sapi, kambing, bebek, domba, kelinci, babi

- Seafood : Cumi-cumi, kepiting, kerang, lobster, kodok, gurita, udang, belut

- Buah : Jeruk, pepaya, pisang raja, tomat

- Air soda, susu sapi, keju, pare, santan atau kelapa, kentang

Selama ini terdapat respon berbeda mengenai orang yang telah menjalani program diet berdasar golongan darah. Ada yang mengatakan bahwa diet berhasil menurunkan berat badan, ada pula yang  mengatakan bahwa berat badan tidak turun, bahkan malah mengalami peningkatan. Hal ini bukan berarti makanan berdasar golongan darah hanya bohong belaka. Hal ini dikarenakan bahwa meskipun sudah mengikuti menu makanan seperti yang dianjurkan tetapi makan dalam porsi yang besar dan tidak teratur mungkin berat tidak akan turun dan bahkan naik.

Selain hal ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sedang menjalani program diet. Diet Golongan darah A tidak dapat menurunkan berat badan ketika dalam kondisi stress. Makanlah dalam porsi kecil namun sering. Sertai dengan olahraga durasi tidak lebih dari 30 menit kurang lebih tiga kali dalam satu minggu.

Meskipun tidak sedang diet, tidak ada salahnya makan sesuai dengan golongan darah, karena  dapat membuat masuknya nutrisi menjadi cukup dan seimbang.

Sumber gambar : http://bit.ly/133XbNu

Related Keyword:

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder