DIET CEPAT

DIET CEPAT

Mendengar kata diet, sering kali dilaitkan dengan pola makan yang membosankan, rasa hambar, dan juga membutuhkan waktu yang lama. karena itu, postingan mengenai diet sehat kali ini, akan membahas mengenai diet yang cepat, dan contoh diet cepat itu sendiri.

Diet Cepat adalah diet yang membutuhkan waktu yang singkat dan menghasilkan perubahan berat-badan yang signifikan. sedangkan prinsip dasar diet sehat adalah pengaturan pola makan dengan menjaga kondisi optimal tubuh  menjadi lebih sehat. Dengan asumsi, pengurangan berat badan tersebut akan memperbaiki kualitas kesehatan orang tersebut. karena itu, sebelum kita membahas lebih jauh, perlu diketahui agar tubuh tetap dalam kondisi optimalnya kita membutuhkan penurunan berat badan sebesar 1 – 3 kilo setiap minggunya.

DIET CEPAT

Diet sehat yang dianjurkan untuk melakukan diet cepat ini, adalah pengaturan pola makan yang disesuaikan dengan proses metabolisme di dalam tubuh, dan mengikuti siklus pencernaan tubuh.

siklus pencernaan dalam tubuh kita adalah : pukul 04.00 – 12.00 adalah proses pembungan zat sisa, karena itu pada pagi hari umumnya kita melakukan BAB, dan sebaiknya pada timing ini kita tidak mengonsumsi makanan yang berat,karena tubuh sedang dalam upaya pengeluaran zat sisa. lalu pada pukul 12.00-20.00 adalah proses pencernaan, tubuh dalam kondisi maksimalnya untuk mengonsumsi makanan yang kita makan, karena itu, pada pukul seperti ini adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan berat untuk tubuh, umumnya kita mengonsumsi makanan yang terdiri dari empat sehat lima sempurna, tetapi pola makan seperti ini akan mengakibatkan tubuh yang menampung teralu banyak makanan, dan membutuhkan waktu yang lama untuk dicernakan, jika menu tersebut adalah sebagai santap siang, maka tubuh masih mendapatkan waktu yang cukup untuk mengolahnya tetapi jika menu empat sehat lima sempurna tersebut adalah untuk santap malam sebelum istirahat hanya akan menambah beban tubuh. karena itu, sebaiknya beberapa jam sebelum tidur santap malam ini dilakukan. kemudian untuk pukul 20.00- 04.00 waktunya tubuh untuk memaksimalkan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. proses metabolisme ini membutuhkan energi yang banyak diperkirakan sama dengan kebutuhan energi untuk melakukan lari maraton. karena itu, sebaiknya pada siklus ini tubuh tidak dibebani lagi dengan proses pencernaan, jadi kita sangat dianjurkan untuk tidak santap tengah malam.

Untuk diet cepat, selain memperhatikan siklus pencernaan tubuh, sangat penting juga untuk memperhatikan pola aktifitas tubuh. karena itu, sangat penting untuk melakukan aktifitas normal yang memerlukan pengeluaran energi yang cukup, misalnya naik tangga tanpa lift maupun eskalator, atau sesekali melakukan jogging di pagi hari selama 30 menit.

Selain itu, juga penting memperhatikan pemilihan makanan yang dikonsumsi, untuk  jenis lemak sebaiknya memiliki lemak tidak jenuh, dan menghindari lemak trans serta lemak jenuh. serta paling penting meningkatkan konsumsi buah dan sayur tetapi tidak mengganti sumber makanan karbohidrat dengan hanya buah, tetapi memiliki makanan dari jenis karbohidrat kompleks, seperti  beras merah.