demam

Demam

Demam seringkali berkaitan juga dengan penyakit flu, batuk dan sakit kepala. Selain ketiga hal umum tersebut, ada beberapa hal yang juga dapat menyebabkan terjadinya demam, seperti contoh kasus berikut:

Influenza
Ketika patogen infeksius menyerang tubuh, sistem kekebalan tubuh secara alami meningkatkan suhu tubuh. Akibatnya, sekitar 80 persen dari pasien yang terinfeksi dengan virus flu mengalami demam sebagai gejala. Pasien dengan flu biasanya mengalami demam melebihi 100 derajat Fahrenheit, kemudian akan turun dalam waktu 3 sampai 4 hari. Gejala Demam bisa disertai dengan keringat, menggigil atau nyeri tubuh pada pasien tertentu dengan flu. Jika gejala ini menetap atau memburuk, pasien yang terkena harus berkonsultasi dengan dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Komplikasi Hidung
Alergi hidung, atau alergi rhinitis, dapat mengakibatkan komplikasi hidung yang mengakibatkan demam. Seseorang dengan alergi rhinitis akan mengalami post-nasal drip, hidung meler dan tekanan sinus karena sinus menjadi meradang. Rongga sinus dapat menjadi bengkak sehingga bisa menyebabkan kelebihan lendir, yang menjadi sarang tempat di mana bakteri dan virus bisa tumbuh. Alergi hidung yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksi sinus. Gejala umum dari infeksi sinus adalah demam ringan dibawah 102 derajat. Tingginya suhu tubuh merupakan upaya saat tubuh menangkal bakteri menyerang atau virus. Infeksi sinus bakteri diobati dengan antibiotik, sedangkan sinusitis virus tidak dapat diobati. Obat bebas ini digunakan untuk mengelola gejala sinusitis virus, tetapi sistem kekebalan tubuh perlu membunuh virus untuk menyembuhkan.

demam

Batuk
Batuk merupakan common denominator antara alergi dan pilek. Batuk akibat reaksi alergi adalah karena terbatasnya saluran udara dari reaksi asma atauhasil dari post-nasal drip. Batuk disertai kenaikan suhu tubuh adalah gejala flu biasa dan perlu dievaluasi oleh dokter.

Bersin
Bersin adalah hasil dari iritasi sinus yang dihasilkan dari alergi atau pilek. Bersin dari reaksi alergi tidak akan disertai dengan demam. Bersin dari pilek akan lebih sporadis dan akan menghasilkan perubahan pada warna hidung debit. Bersin ini dapat mereda dalam 7 hari, sedangkan bersin dari alergi dapat terus terjadi selama orang tersebut sedang mengalami alergi terhadap sesuatu.

Sakit kepala sinus
Sakit kepala sinus sering terjadi dengan gejala alergi dan demam. Reaksi alergi dapat menyebabkan sinus membengkak, sehingga membuat tekanan berlebihan pada bagian kepala. Hal ini menyebabkan sakit kepala tekanan sinus yang bisa dirasakan di mata, gigi atas dan tulang pipi. Sakit kepala dengan suhu tubuh tinggi merupakan indikasi terinfeksinya suatu virus atau bakteri.

DEMAM PADA BAYI

Demam dapat menjadi suatu hal yang menakutkan bagi orang tua ketika bayi mengalami kenaikan suhu tubuh tinggi dan tidak ada gejala lain dari penyakit. Meskipun hal ini merupakan respon normal terhadap infeksi, suhu tubuh tinggi pada bayi harus dibawa ke perhatian dokter anak untuk mencoba menentukan penyebabnya. Karena, ada beberapa demam disebabkan oleh beberapa jenis penyakit, seperti:

Roseola
Roseola adalah infeksi virus yang menyebabkan demam tinggi tanpa gejala lain. Hal ini dapat berlangsung sekitar tiga hari sambil disertai munculnya ruam merah muda. Jika demam mendapat cukup tinggi, bayi mungkin memiliki kejang demam, atau kejang-kejang yang disebabkan oleh suhu tubuh tinggi. Hal ini memang cukup menakutkan tetapi umumnya tidak berbahaya.

Radang Selaput
Meningitis adalah infeksi serius yang terjadi ketika jaringan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang menjadi meradang. Mungkin tidak ada gejala selama beberapa hari selain demam tinggi secara mendadak. Dengan berjalannya waktu, bayi dapat mengembangkan gejala lain termasuk soft spot akibat pembengkakan yang terjadi di daerah otak. Gejala lain dari penyakit ini adalah tubuh dan leher kaku, lesu dan menangis bernada tinggi.

Infeksi Saluran Kemih
Bayi dengan infeksi saluran kemih dapat mengalami demam tanpa gejala lain. Hal ini dapat terjadi ketika bakteri masuk ke dalam urin dan menyebabkan peradangan dan infeksi di dalam saluran kemih. Infeksi ini bisa berasal dari bakteri yang ditemukan di dekat rektum atau daerah genital. Ketika kandung kemih tidak sepenuhnya dikeluarkan, bakteri yang ada dalam urin dapat berkembang biak dengan cepat, mengakibatkan infeksi.

Infeksi Telinga
Infeksi telinga pada bayi disebabkan oleh cairan di dalam tabung eustachius, yang biasanya mengalirkan cairan dari telinga tengah ke bagian belakang tenggorokan. Ketika cairan ini terjadi, bakteri yang ada bisa bereproduksi dan menyebabkan infeksi. Seorang bayi dapat mengalami demam dari infeksi ini karena tubuh berusaha untuk melawan. Mungkin tidak ada gejala mencolok lainnya. Seorang dokter dapat melihat ke dalam telinga bayi untuk melakuan diagnosa lebih lanjut.

Sumber gambar: http://bit.ly/133XbNu

Related Keyword: