daun pepaya

Daun Pepaya

Daun Pepaya

 Apakah papaya menjadi salah satu buah favorit Anda? Jika iya, tentu sudah banyak manfaat keseatan yang Anda rasakan karena sering mengonsumsi buah papaya. Bukan rahasia lagi, buah segar yang satu ini ampuh sebagai obat penyakit pencernaan. Penderita penyakit susah buah air besar, biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi papaya.  Selain itu, buah pepaya juga dikenal sebagai sumber vitamin yang baik.

Nah, tahukah Anda selain buah, bagian lain dari pohon papaya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Ya, bagian tersebut adalah daun. Daun papaya memang terkenal dengan rasanya yang pahit. Namun, dibalik rasa pahit, daun papaya berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Apa saja manfaatnya? Pertama, daun papaya bisa mengusir jerawat Anda yang membandel. Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

Selain itu, daun papaya juga mujarab untuk menambah nafsu makan. Bagi Anda yang mengalami masalah nafsu makan, cobalah campur daun papaya segar beserta garam dan air hangat setengah cangkir. Setelah mencampur tiga bahan ini, tumbuk atau blender semuanya. Lalu saring airnya untuk diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak.

Nah, bagi Anda yang sedang menyusui, daun papaya berkhasiat untuk memerlancar ASI. Caranya cukup mudah, daun papaya yang telah dipetik kemudian diletakkan di atas api hingga layu. Dalam keadaan hangat, letakkan daun papaya di area payudaram kecuali puting. Ramuan ini bahkan sudah dikenal sejak jaman dahulu.

Masih untuk perempuan, terutama yang sering merasa sakit saat datang bulan, daun papaya bisa menjadi salah satu obatnya. Satu lembar daun papaya, asam jawa, garam bisa Anda rebus dengan segelas air untuk diminum. Nyeri haid pun langsung mereda setelah Anda meminum ramuan daun pepaya ini.

Tidak hanya untuk perempuan, daun papaya tentu saja berkhasiat bagi siapa saja. Bahkan, daun papaya bisa mengobati penyakit-penyakit ganas, seperti kanker. Pasalnya, getah dalam daun papaya telah banyak dikembangkan sebagai antikanker. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

Untuk Anda atau keluarga Anda yang sedang terserang demam berdarah, bisa juga mengobatinya dengan daun papaya. Untuk mendapatkan khasiat ini, rebus saja lima helai daun papaya ke dalam air setengah liter. Minum ramuan ini tiga kali sehari, pada pagi, siang, dan malam hari. Sebagai pemanis, campurkan saja madu dalam air rebusan.

daun pepaya

Penyakit yang berhubungan dengan darah lainnya yang dapat diobati dengan daun papaya adalah tekanan darah tinggi.  Caranya sama seperti mengolah daun papaya sebagai obat sakit demam berdarah. Siapkan 5 lembar daun pepaya, lalu direbus dengan campuran air setengah liter. Kemudian dimasak sampai airnya menyisakan tiga perempat, setelah selesai biarkan air tersebut menjadi dingin, kemudian dapat ditambahkan madu sebagai pemanis air daun papaya.

Selain khasiat daun pepaya yang disebutkan tadi, khasiat daun pepaya juga masih ada lagi seperti kandungan serat pangan dalam daun pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah aterosklersosis dan juga mencegah penyakit jantung. Khasiat dan manfaat daun pepaya juga sangat baik untuk menunjang program diet yang sedang kita jalankan.

Yang terakhir, daun papaya ternyata juga bermanfaat sebagai pelancar pencernaan, sama seperti buahnya. Hal ini karena pada daun pepaya mengandung senyawa kimia berupa karpain yang dikenal ampuh membunuh mikroorganisme yang biasa mengganggu keseimbangan fungis pencernaan.

Nah, jangan ragu-ragu lagi ya untuk mengonsumsi daun papaya.

sumber gambar : http://easyurl.net/da227

Related Keyword: