daun kelor

Daun Kelor

Daun Kelor

Daun kelor yang memiliki nama lain moringa oilfera, telah dikenal khasiatnya untuk kesehatan tubuh, karena tinggi akan vitamin B1, B2, dan B3 yang dibutuhkan untuk mengubah makanan menjadi energi, sehingga dapat mengurangi lemak berlebih pada tubuh. Moringa olifera yang juga dikenal sebagai pohon lobak, berasal dari India, dan kemudian menyebar ke berbagai negara. Setiap bagian dari tanaman ini mengandung berbagai manfaat yang penting untuk tubuh, khususnya bagian daun kelor. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mencermati berbagai fungsi dari tanaman ini yang dapat diolah untuk dijadikan sumber obat tradisional. Meskipun begitu, hal ini belum didokumentasikan secara ilmiah. Dianjurkan untuk menggunakan produk kelor sesuai dengan anjuran atau

MANFAAT DAUN KELOR
Daun kelor memiliki beragam manfaat untuk mengurangi berbagai resiko penyakit, dan juga untuk menstabilkan kesehatan tubuh.

daun kelor

Beberapa manfaat yang terkandung didalamnya adalah:

Kesehatan jantung.
Sebuah studi mengungkapkan bahwa ekstrak daun kelor olifera dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah, sehingga hal ini dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Ekstrak moringa juga memiliki aktivitas antioksidan yang cukup dan dapat melindungi sel-sel jantung dari efek berbahaya dari radikal bebas yang terbentuk dari berbagai proses metabolisme dalam tubuh. Namun, penelitian tersebut dilakukan dilaboratorium dengan diuji coba pada hewan saja. Oleh karena itu, Anda harus berbicara dengan dokter sebelum menggunakannya untuk mencegah atau mengobati penyakit jantung.

Diabetes.
Daun kelor atau moringa olifera dapat membantu mengelola intoleransi glukosa pada pasien yang menderita diabetes. Namun studi lebih lanjut masih diperlukan untuk mengidentifikasi komponen aktif biologis dari moringa olifera tersebut. Studi tentang hal ini sama dengan studi yang dilakukan untuk kesehatan jantung sebelumnya, yaitu dengan uji coba pada laboratorium dengan menggunakan hewan saja.

Kanker.
Ekstrak moringa olifera secara tradisional telah digunakan untuk mengobati tumor. Sebuah penilitan menyatakan bahwa ekstrak kelor telah menghambat pertumbuhan tumor pada hewan laboratorium. Hal ini juga dapat mengurangi kejadian kanker kulit pada hewan tersebut. Namun, sekali lagi, penelitian lebih lanjut tetap masih diperlukan untuk membuktikan manfaat ini pada manusia.

NUTRISI
Daun kelor kaya akan vitamin, protein dan mineral, karbohidrat, serta beragam nutrisi non lemak yang dibutuhkan untuk tubuh. Daun kelor mengandung vitamin A, zat besi, kalsium, kalium, vitamin C yang lebih banyak dibandingkan yang terkandung di dalam wortel, bayam, susu, pisang, dan jeruk. Menurut beberapa penelitian, daun kelor mengandung kualitas protein dengan tingkat yang sama dengan susu dan telur, tanpa lemak dan kalori.

GIZI
Daun kelor mengandung varian gizi dan kadar lemak rendah. Dikarenakan berbagai nutrisi yang terkandung, banyak produk yang menawarkan diet alternatif yang sehat dengan melibatkan penggunaan moringa olifera. Daun kelor menyediakan 42 persen protein yang direkomendasian untuk asupan tubuh setiap harinya, dan juga mengandung 125 persen kebutuhan minimum kalsium per hari. Vitamin B yang terdapat pada daun kelor juga membantu tubuh untuk mencerna dan mengkonversi makanan menjadi energi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Daun kelor dapat dimakan secara mentah, dimasak, ataupun diolah menjadi teh, ataupun dikemas dalam bentuk lainnya yang aman, dan memiliki sumber nutrisi. Jika banyak yang beranggapan bahwa daun kelor dapat membantu penurunan berat badan, sebenarnya hal ini masih dibutuhkan penelitian tahap lanjut, untuk memastikan kebenaran tersebut.

PERINGATAN
Meskipun banyak yang mengatakan bahwa daun kelor memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, namun masih banyak sekali studi yang belum benar-benar membuktikan kebenaran tentang fakta manfaat dari daun kelor. Jika Anda ingin mengkonsumsi daun kelor sebagai bagian dari diet, ataupun untuk mengobati beberapa penyakit yang Anda derita seperti jantung, diabetes dan lainnya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu pada dokter Anda, untuk mendapatkan dosis yang tepat, atau bahkan, untuk tidak mengkonsumsi jenis daun kelor sama sekali.

Sumber gambar: http://bit.ly/12TnjsX

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder