cara menurunkan berat badan setelah melahirkan

cara menurunkan berat badan setelah melahirkan

Kehamilan yang normal akan memberikan peningkatan berat badan yang sangat signifikan. Dan umumnya hal ini memberikan pekerjaan yang cukup sulit untuk para ibu untuk menurunkan berat badannya pasca melahirkan. Pada kondisi hamil, para ibu hamil memang membutuhkan tambahan sekitar 300 kkal dari kebutuhan kkal normalnya.

setelah melahirkan, ibu akan memasuki masa menyusui, dalam masa menyusui ibu membutuhkan tambahan asupan kalori 500 kkal setiap harinya. hal ini dibutuhkan untuk memenuhi terjaganya kualitas ASI. Secara normal pemberian ASI pada bayi sampai usia2 tahun akan mengembalikan berat badan normal ibu. hal ini karena dengan pemberian ASI pada bayi akan membakar kalori ibu dalam jumlah yang banyak. sehingga tanpa ibu sadari berat badan akan berkurang-sedikit demi sedikit. dan secara umum berat badan akan kembali normal selama lima bulan. Dan ingat kelebihan berat badan setelah melahirkan dibutuhkan tubuh untuk menjaga kualitas ASI ibu. dan setelah bayi berusia 5 – 6 bulan berangsur-angsur berat badan ibu akan kembali normal dan bayipun telah mendapatkan makanan pendamping ASI.

Pemberian ASI Ekslusif pada bayi anda memberikan dampak positif terhadap pengurangan berat badan pada ibu dan menjaga ketersediaan nutrisi yang cukup untuk sang buah hati. karena itu, setelah melahirkan sebaiknya ibu tidak melakukan pembatasan asupan makanan sebab secara alami berat badan akan kembali normal dengan sendirinya. penurunan berat badan ini juga umumnya didukung dengna peningkatan aktifitas fisik ibu dalam merawat bayi dan mengurus rumah tangga. Keep think positif, Mom !