Cara cepat menurunkan berat dalam seminggu

Cara cepat menurunkan berat dalam seminggu

Menurunkan berat badan merupakan salah satu kegiatan yang menguras waktu banyak. meskipun demikian prinsip dasar untuk menurunkan berat badan adalah mengeluarkan energi dari dalam tubuh. Energi disini merupakan hasil metabolisme tubuh dari berbagai sumber, utamanya sumber makanan. energi ini tidak dapat dimusnahkan, energi tersebut jika tubuh tidak menggunakannya akan diubah menjadi cadangan energi tubuh berupa lemak dengan media penyimpanan sel dan jaringan lemak yang tidak terbatas sehingga orang-orang yang kurang melakukan aktifitas fisik akan menumpuk lemak dengan hasil akhir memunculkan penyakit obesitas.

karena itu, untuk menurunkan berat badan kita perlu menggunakan energi hasil metabolisme tubuh dengan lebih banyak dari biasanya. dalam keadaan diam tubuh sebenarnya juga membutuhkan energi, karena semua kegiatan yang berlangsung dari tingkatan sel sampai sistem organ membutuhkan energi untuk menjalankan fungsi maksimalnya tetapi biasanya kita mengonsumsi energi jauh melebihi dari jumlah energi yang kita butuhkan.

secara umum, untuk usia dewasa mengonsumsi kira-kira sebesar 2000 kkal setiap harinya. karena itu, untuk membakar energi yang telah sejak lama tersimpan dalam tubuh kita sangat membutuhkan untuk mengurangi asupan kalori tersebut. pengurangan asupan kalori tersebut sebaiknya secara bertahap. misalnya dengan memulai 1500kkal setiap harinya dengan disertai peningkatan aktifitas fisik juga tentunya.

Penurunan berat badan yang dianjurkan adalah sebesar satu setengah kilogram setiap minggunya, hal ini untuk menghindari timbulnya penyakit akibat menurunnya daya tahan tubuh disebabkan adanya perubahan komposisi tubuh.

salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk mengurasi asupan kalori adalah serat. serat ini merupakan salah satu zat gizi yang memiliki kelebihan memperlancar pencernaan makanan, mengandung banyak vitamin karena umum terdapat dalam sayur dan buah, dan mampu menghambat penyerapan zat gizi di dalam saluran cerna karena itu serat memiliki peranan yang besar untuk menurunkan berat badan. tetapi anjuran asupan serat adalah sebesar 25 -30 gram perharinya. hal ini untuk menghindari tubuh kekurangan energi atau zat gizi lainnya. tetapi untuk kebutuhan diet konsumsi serat sangat dianjurkan dan sebaiknya sumber serat yang dikonsumsi adalah sayur dan buah-buahan bukan serat sintetik untuk tetap mendapatkan manfaat buah dan sayur yang kaya akan zat gizi mikro yang sangat penting untuk tubuh.