buah mangga

Buah Mangga

Buah Mangga

Buah mangga adalah buah tropis yang berbentuk bulat telur. Mangga memiliki varian warna hijau, kuning, dan bahkan kemerahan. Daging buah mangga yang berwarna oranye-kuning terasa sangat manis ketika matang. Berdasarkan pertumbuhannya di tempat yang berbeda, kulit mangga memiliki berbagai variasi.

Buah mangga dapat menjadi cemilan manis yang penuh gizi. Buah mangga juga dapat dijadikan aroma untuk berbagai jenis makanan lainnya, seperi bumbu untuk masakan ikan, sebagai campuran arom ayogurt, kue, dan lainnnya. Mangga memiliki nurtrisi tinggi yang rendah akan kalori, serta mengandung sejumlah serat yang sehat untuk tubuh, disamping kaya akan vitamin dan mineral. Satu mangga dapat menyediakan 135 kalori dan 3.7 gram serat. Buah mangga juga mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, E dan K yang memiliki mineral penting termasuk kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, selenium dan seng.

Buah mangga dipercaya juga dapat meningkatkan kecantikan tubuh. Buah mangga dapat diolah menjadi scrub yang memiliki campuran dengan gula, madu dan susu, untuk membuat wajah dan tubuh menjadi lebih harum dan kulit terasa lebih halus. Scrub ini tentunya sangat alami, karena tidak mengandung campuran bahan kimia. Mangga juga dapat dikombinasikan dengan pengemulsi asam stearat untuk proses pembuatan sabun mangga. Ketika dipadukan dengan minyak almond, tepung maizena dan minyak esensial harum lainnya, bahkan mangga dapat menjadi krim tubuh yang alami buatan sendiri.

buah mangga

Sebuah mangga segar mengandung vitamin C, kalium, serat dan vitamin A. Mangga yang dikukus memiliki khasiat yang sama besarnya, seperti ketika buah ini dimakan secara langsung. Anda dapat mengolahnya untuk menjadi kue mangga kukus atau dicampur dengan varian resep lainnya yang sehat dan dapat menambahkan gizi pada tubuh. Untuk dapat memenuhi kebutuhan harian, Anda dapat mengkonsumsi setidaknya 2 buah mangga dalam sehari.

MANGGA KUKUS
Bagi beberapa orang yang tidak menyukai mangga, dapat menggunakan berbagai cara untuk tetap dapat menikmati lezatnya rasa dan tingginya gizi yang terkandung dari buah mangga. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan membuat mangga kukus.

TIPS
Jika Anda ingin mengkonsumsi mangga sebagai pilihan menu sehari-hari, Anda dapat langsung memakannya dengan mengupas dan memotong mangga menjadi beberapa potongan. Atau, bisa juga dengan membuat mangga cincang untuk dikukus di dalam panci, dengan dua atau tiga inci air panas hingga mendidih. Hati-hati untuk mengatur kukusan di atas air mendidih. Jangan biarkan air menyentuh kukusan mangga tersebut. Tambahkan rempah-rempah lainnya seperti kayu manis atau cengkeh, untuk meningkatkan rasa mangga kukus Anda. Taburkan rempah-rempah Anda pada potongan mangga sebelum meletakkan kukusan di atas air mendidih. Tutup panci dan uap mangga selama 10 hingga 12 menit, atau sampai buahnya terasa lebih lembut. Angkat mangga yang telah dikukus, dan dapat disajikan sebagai makanan ringan, atau dapat dihaluskan untuk digabungkan dengan resep lainnya, atau bahkan dimasukkan kedalam lemari es untuk penggunaan berikutnya.

REKOMENDASI
Kulit mangga memang tidak mudah untuk dikupas. Anda dapat memotong setengah bagian dengan menggunakan pisau pengupas tajam, dan membuat serangkaian pemotongan melintang dalam buah. Putar kulit dari dalam keluar, dan iris berbentuk kubus dari kulitnya.

PENGGUNAAN
Mangga yang dikukus merupakan sumber gizi yang sangat tinggi. Hal ini juga baik untuk bayi. Jika Anda memiliki bayi di rumah, mangga dapat di kukus dan dijadikan bubur mangga untuk menu bayi Anda. Atau, Anda juga dapat membuat mangga kukus ini menjadi pengganti sebagian minyak atau mentega dalam makanan panggang favorit Anda. Dengan campuran ini, makanan Anda akan lebih bergizi, ditambah dengan varian aroma lezat, yang dapat mengurangi kadar lemak. Anda juga dapat menambahkan mangga kukus ke dalam oatmeal Anda, atau dicampurkan dengan satu porsi yogurt sebagai cara tambahan untuk mengkonsumsi buah mangga.

Sumber gambar: http://bit.ly/15581nS

Related Keyword: