buah bit

Buah Bit

Buah Bit

Buah bit lebih dikenal dengan sebutan akar sayur bergizi. Rasanya sedikit pahit, daunnya beraroma dan umbinya terasa manis. Mempersiapkan buah bit untuk sajian makanan, sama seperti ketika Anda mempersiapkan bayam atau kangkung, yaitu dengan cara direbus, ditumis atau cara lainnya. Pilihlah jenis bit segar dicampur dengan sayuran jenis lainnya untuk mendapatkan paduan rasa dan aroma makanan yang lezat.

Selain mengandung kadar vitamin C dan vitamin A, kandungan folat di dalamnya juga termasuk rendah. Serat alami dari buah bit dapat menjadikan rasa tersendiri jika dicampur dengan salad, saus, dan bumbu penyedap masakan.

VITAMIN C
Satu setengah cangkir bit yang dimasak bisa menghasilkan 30 persen asupan vitamin C harian Anda. Vitamin C adalah vitamin larut air, dengan fungsi utama untuk koenzim dalam membantu mensintesis asam amino tertentu. Selain itu, vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen, protein yang mendukung kesehatan kulit, tulang, gigi dan pembuluh darah. Sistem kekebalan tubuh Anda juga membutuhkan vitamin C untuk membuat sel-sel darah putih yang dapat melawan infeksi.

VITAMIN A
Vitamin A yang terkandung di dalamnya juga cukup tinggi. Menurut para ahli, tubuh menggunakan lemak untuk memproses serta menyimpan vitamin A pada sistem tubuh, lebih lama dibandingkan vitamin lainnya. Vitamin A sangat diperlukan untuk penglihatan yang baik, khususnya dalam penyerapan cahaya menuju kerucut retina mata. Anda juga membutuhkan vitamin A untuk diferensiasi sel, sistem kekebalan tubuh serta kesehatan kulit.

buah bit

FOLAT
Kandungan folatnya memang termasuk sedikit, hanya sekitar 2,5 persen dari nilai harian tubuh Anda, yaitu 17 persen normalnya. Folat sendiri berfungsi pada sistesis DNA, dengan peranan penting dalam tubuh seperti mencegah cacat lahir, membuat sel-sel darah sehat, melawan kanker, juga mencegah penyakit jantung. Folat paling dipercaya dalam mencegah cacat tulang belakang pada janin. Karena itulah folat dijadikan nutrisi penting bagi wanita hamil.

SERAT
Kandungan serat dalam 1 cangkir bit adalah 4 gram, atau sekitar 16 persen dari rekomendasi asupan harian normal, 25 gram. Serat ini dapat mendukung eliminasi reguler. Hal ini juga meningkatkan sistem metabolisme dalam melawan racun (radikal bebas) dari tubuh. Selain itu, peran lainnya adalah mengurangi resiko rusaknya DNA, mencegah terjadinya penyakit jantung dan kanker.

POTASSIUM
Kandungan kalium dalam 1 cangkir bit adalah 442 mg, atau 13 persen dari 3.500 mg yang direkomendasikan untuk asupan tubuh sehari-hari. Tubuh membutuhkan kalium untuk mengatur tingkat cairan dan elektrolit di dalam dan luar dinding sel. Kekurangan mineral ini jarang terjadi, kecuali bagi orang dengan asupan natrium tinggi.

KALORI
Kandungan kalori dari 1 porsi buah bit adalah 58 kalori, atau hanya sekitar 3 persen dari 2.000 kalori standar. Namun, bit menjadi sumber nutrisi yang aman untuk pembakaran kalori pada tubuh.

Bit adalah nabati bergizi tinggi yang menyediakan berbagai manfaat kesehatan. Rasanya yang pahit dapat dikombinasikan dengan jenis bahan-bahan gurih lainnya seperti minyak zaitun, bawang putih, bawang merah atau keju untuk menghasilkan aroma dan rasa yang lebih bervariasi. Pastikan untuk memotong bagian batang bit sebelum dimasak. Rebus buah bit dalam beberapa inci air, ditambahkan kaldu, lalu ditumis beserta minyak dan bumbu rempah-rempah lainnya. Bagi penggemar paprika, dapat menambahkan irisan paprika merah atau lada hitam sebagai campuran bumbu pedas. Bisa juga dicampurkan lagi dengan parutan keju, untuk menyajikan menu bit dengan varian rasa yang berbeda.

Sumber gambar: http://bit.ly/187ADmL

Related Keyword: