Asi Ekslusif

Masa menyusui adalah masa yang sangat penting bagi bayi dan ibunya. Manfaat Asi Ekslusif yang sangat besar tidak hanya penting untuk si bayi saja, tapi bagi ibu pun juga penting lho. Lalu apa sih air susu eksklusif itu? Asi eksklusif adalah pemberian asi sedini mungkin setelah persalinan, di berikan tanpa ada jadwal tertentu, dan tanpa tambahan makanan lain sampai bayi berumur 6 bulan, dan setelah 6 bulan bayi mulai dikenalkan dengan makanan lain tapi tetap diberi asi sampai bayi berumur 2 tahun.  Pemberian asi eksklusif ini merupakan salah satu faktor penunjang kecerdasan bayi.

Seberapa penting sih asi eksklusif?

Sangat penting, karenanya harus menjadi perhatian bagi para calon ibu ataupun ibu yang sedang menyusui. Pemberian asi ini merupakan tanggung jawab orang tua kepada bayinya apabila asi ini tidak diberikan secara maksimal dapat membuat pertumbuhan bayi sedikit terhambat. Dengan memberikan asi secara otomatis, si ibu akan  mentransfer imunitasnya kepada bayi. Jadi perlu disadari bahwa pemberian asi ini bukan semata hal sepele belaka, dan tidak dapat tergantikan oleh apapun.

asi ekslusif

Peranan air susu eksklusif bagi ibu dan anak

Penyakit lain yang dapat dihindari dengan pemberian asi eksklusif  adalah penyakit infeksi terutama diare dan pneumonia. Asi merupakan jenis makanan yang mencukupi semua unsur kebutuhan gizi yang diperlukan oleh bayi baik fisik, psikologis, sosial, maupun spiritual. Asi mengandung nutrisi, hormon dan unsur kekebalan tubuh, anti alergi, anti inflamasi. Disamping itu juga asi kaya akan sari- sari makanan yang baik perkembangan sistem saraf bayi. Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh bagi bayi yang diberikan asi secara eksklusif.

  • Mudah dicerna
  • Imunisasi awal yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Kandungan asi yang berkualitas tinggi berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi
  • Protein asi lebih mudah diserap tubuh dibandingkan dengan susu sapi ( susu formula )
  • Bersih dan bebas pencemaran
  • Kontak langsung antara ibu dan anak membuat ikatan kasih sayang yang dapat membantu psikologis bayi
  • Meningkatkan kecerdasan otak, emosional, dan spritual buah hati
  • Murah dan aman bagi bayi

Tidak hanya manfaat bagi si buah bayi, namun bagi ibu pun ada manfaatnya yang tidak kalah pentingnya, berikut manfaatnya .

  • Sebagai alat kontrasepsi. Karena menyusui dapat menunda haid dan kehamilan
  • Mengurangi resiko kanker payudara
  • Mengurang i pengeroposan tulang
  • Mempercepat pengecilan rahim setelah melahirkan

Banyaknya produk-produk susu formula menyebabkan banyak ibu yang beralih ke susu formula sehingga terjadi pemberian makanan pendamping secara dini .  banyak faktor yang menyebabkan pemberian susu formula secara dini misalnya,

Asi tidak cukup

Alasan ini merupakan utama bagi ibu tidak memberikan asi. Secara biologis hanya 2-5 % ibu yang produksi air susunya kurang, selebihnya ibu dapat mengasilkan susu yang cukup bagi anaknya

Ibu bekerja

Alasan ini juga kerap kali digunakan untuk memberikan susu formula padahal bayi. Hal ini bisa di selesaikan dengan cara menampung air susu di dalam botol untuk nanti dapat diberikan kepada si bayi, karena air susu yang berada di dalam botol ( steril ) bisa bertahan lama.

Susu formula lebih praktis

Walaupun pemberian susu formula ini praktis, sebaiknya perlu dipelajari juga dampak apa saja bila bayi diberikan susu formula karena banyak bayi yang alergi terhadap kandungan susu formula.

Sumber gambar : http://www.lactamilmama.com/lipstick/wp-content/uploads/2012/12/Lactamil1-04531.jpg

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder