Asam lemak

Asam lemak

yang termasuk asam lemak adalah asam lemak esensial dan asam lemak non-esensial dalam makanan kita setiap hari.  dan beberapa asam lemak tersebut memiliki kemampuan untuk menurunkan resiko penyakit  kronis. asam lemak yang memilik kemampuan bioaktif seperti itu secara umum ditemukan di dalam pada asam lemak tidak jenuh tunggal (MUFA) dan omega tiga dalam bentuk asam lemak tidak jenuh ganda (PUFA).

Minyak zaitun adalah salah satu contoh makanan yang kaya akan kandungan asam lemak tidak jenuh tunggal, yang marak kita kenal bahwa minyak zaitun memiliki khasiat untuk menurunkan kemunculan penyakit kronis. selain itu, minyak zaitun juga kaya akan vitamin E yang juga memiliki khasiat yang luar biasa dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

ikan sumber omega tiga

ikan sumber omega tiga

Selain itu, salah satu sumber asam lamak yang kaya akan omega tiga asam lemak tidak jenuh ganda adalah ikan. salah satu penelitian yang baru-baru ini dilakukan menyebutkan bahwa konsentrasi sumber omega tiga terbanyak adalah pada sedikit lendir di belakang mata ikan. dengan mengonsumsi ikan yang kaya akan omega tiga ini akan memberikan perlindungan tubuh terhadap penyakit jantung koroner, katarak, depresi, penyakit imunitas, dan kanker. dengan demikian, salah satu cara memenuhi kebutuhan tubuh akan lemak sebaiknya dengan meningkatkan konsumsi terhadap daging ikan.

Dan perlu diingat, dengan mengonsumsi lemak dalam jumlah yang besar akan memberikan asam lemak yang memiliki strukrur trans, dalam pengonsumsian lemak teratur dibutuhkan sejumlah asam lemak dalam bentuk isomer-cis, tetapi dalam proses hidrogenasi ada kemungkinan asam lemak berubah menjadi  trans. dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak trans akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan kita, karena asam lemak trans memiliki kemampuan untuk menaikkan kolesterol LDL, menurunkan HDL, dan memicu munculnya penyakit jantung koroner dan perkembangan kanker, karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara penyajian makanan yang tepat.

Related Keyword: