Asam lemak bebas

Asam lemak bebas

Asam lemak adalah asam organik yang terdiri dari rantai hidrokarbon lurus yang salah satu ujungnya memiliki gugus karboksil (COOH) dan ujung satunya lagi mengandung gugu metil (CH3). Asam lemak memilki panjang rantai yang berbeda-beda ada yang terdiri dari 6 atom karbon biasanya disebut rantai pendek, ada yang terdiri dari 12 aton karbon yang dikenal dengan rantai sedang, dan yang terdiri dari 18 lebih atom karbon disebut rantai panjang. Dan hampir semua jenis lemak hewani dan nabati termasuk dalam asam lemak rantai panjang.

Secara umum kita juga sering mendengan asam lemak jenuh, yang termasuk jenis asam lemak yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, bahkan sebaiknya konsumsinya dihindari. asam lemak jenuh adalah jenis asam lemak yang terdiri atas rantai karbon yang semua rantainya mengikat hidrogen. kita juga mengenal asam lemak tidak jenuh, yaitu asam lemak yang memiliki ikatan rangkap di dalamnya. jika hanya memiliki satu ikatan rangkap disebut ikatan rangkap tidak jenuh tunggal, dan jika memiliki dua ikatan rangkap disebut asam lemak rantai ganda.

di bawah ini adalah klasifikasi asam lemak dan sumbernya.

asam lemak

 

Jenis asam lemak tidak jenuh ganda seperti linoleat dapat dibentuk dalam tubuh dengan bentukan awal asam lemak arakidonat, dan EPA dan DHA dapat dibentuk juga dalam tubuh dengan berasal dari asam lemak linoleat. Meskipun demikian asam lemak ini termasuk jenis asam lemak esensial sebab dasarnya harus berasal dari sumber makanan.

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder