Apotik Hidup

Apotik. Mendengar namanya, pasti pikiran anda akan tertuju pada sebuah tempat yang menjual berbagai obat-obatan. Namun, bagaimana bila dikatakan sebuah apotik ‘hidup’? apakah apotiknya dapat berjalan layaknya manusia? Mari kita pelajari lebih jauh seputar apotik hidup.

Tidak seseram namanya, dikatakan hidup, karena memang apotik hidup adalah tumbuhan. Ya, seperti manusia, tumbuhan juga memiliki kemampuan untuk bernapas, bergerak, bahkan tumbuhan juga bisa terserang penyakit. Banyaknya jenis tumbuhan dengan khasiat mujarab sebagai ramuan obat, menjadikan istilah apotik hidup kian popular. Serasa memiliki gudang farmasi di rumah sendiri.

Ya, anda memang tak perlu menyediakan lahan beratus-ratus hektar untuk menanam tanaman obat. Anda bisa menanam beberapa jenis tumbuhan sederhana, dengan khasiat alami untuk mengobati penyakit ringan. Bayangkan, jika ada keluarga yang sedang sakit, anda tak perlu membuang tanaga dan uang untuk pergi ke drug store. Tinggal melangkah ke pekarangan rumah, petik beberapa lembar daun atau buah, dan jadilah sang penyembuh.

Apa saja tanaman berkhasiat obat?

Sabar. Sebelum menciptakan surga obat-obatan di rumah, anda sebaiknya memahami terlebih dulu klasifikasi tumbuhan obat.

Tanaman buah

Tak semua tanaman memiliki buah untuk dikonsumsi secara aman. Namun, jika memiliki tanaman yang berbuah, sudah pasti buahnya mengandung banyak vitamin dan gizi, untuk membantu kesehatan tetap terjaga.

Tanaman sayuran

Nah, sudah jelas bagian apa yang dikonsumsi. Ya, daunnya bermanfaat untuk digunakan sebagai obat, bahkan bahan masakan. Selada, kemangi, dan bayam adalah beberapa contoh sederhananya.

Apotik hidup

Rempah-rempah

Bahan dapur ini, sempat menjadi daya tarik Indonesia di mata dunia. Bahkan, di jaman penjajahan, rempah-rempah adalah salahs atu komoditi paling berharga. Cengkeh, jahe, merica, dan lain sebagainya tentu sudah sering anda jumpai di dapur, ternyata juga memiliki khasiat ampuh untuk mengobati beberapa penyakit.

Tanaman hias

Lain halnya dengan tumbuhan yang memiliki fungsi dekoratif. Ada beberapa jenis tanaman hias yang bermanfaat atau mempunyai khasiat obat, yang berguna untuk meringankan berbagai penyakit.

Nah, setelah mengetahui pengelompukan tanaman sesuai jenisnya, mari kita simak ulasan di bawah ini, yang member gambaran untuk anda, tanaman apa yang bermanfaat, dan bisa dipelihara di pekarangan rumah.

Lidah buaya

Tumbuhan yang satu ini, telah lama dikenal sebagai penyubur rambut. Daging buahnya pun sangat enak jika diolah menjadi penganan. Selain itu, khasiatnya sebagai pereda batuk juga menambah daya tariknya. Nah, yang mungkin belum anda ketahui, aloe vera alias lidah buaya juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka bakar. Getah yang terdapat pada tumubuhan ini, tinggal dioleskan saja ke bagian kulit yang terbakar, atau terkena cipratan minyak panas.

Jeruk nipis

Bentuknya kecil, tetapi memiliki kadar asam yang cukup tinggi. Kita bisa menambahkannya ke dalam masakan, untuk menambah aroma segar, serta memperkuat cita rasa masakan. Jika anda terserang batuk, maka air jeruk nipis mampu meredakan tenggorokan.

Melati

Selain menambah cantik pekarangan anda, melati juga memiliki aroma khas yang berguna untuk aromatherapy. Tak heran jika kembangnya sering menjadi bahan baku untuk pebuatan parfum. Di samping itu, daun melati juga berguuna untuk meredakan sesak napas, dan bunganya bisa dipakai untuk mengobati radang mata.

Jambu biji

Pohon jambu yang biasanya tinggi besar, tentu membuat suasana halaman menjadi teduh di siang hari. Manfaat yang bisa dinikmati adalah daunnya yang dikenal luas bisa membantu menyembuhkan diare, dan buahnya yang kaya vitamin diyakini menjadi obat alami untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah.

Sumber gambar : http://www.jakarta.go.id/jakv1/application/public/img/galleries/news/apotek_hidup_ist.jpg

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder