anorexia

Anoreksia

Anorexia nervosa merupakan gangguan makan yang menyebabkan orang terobsesi tentang berat badan mereka dan asupan makanan. Umumnya remaja yang menderita anoreksia sering meninggalkan makanan, dan mereka melakukan latihan secara berlebihan. Anoreksia memang bisa dikatakan paling sering berkembang pada remaja. Mengenali tanda-tanda peringatan dini dan mencari pengobatan yang tepat untuk anak remaja Anda dapat membantunya mengatasi penyakit ini dan membalikkan keinginan makan secara normal.

Gejala Anorexia
Anorexia sering dimulai ketika seorang remaja mulai mencoba untuk menurunkan berat badan. Namun kebutuhan untuk mengurangi kalori dan berolahraga seringkali terjadi di luar kendali dan membawa efek buruk bagi kesehatan. Remaja yang mengidap anoreksia bisanya memiliki ketakutan mendalam terhadap suatu makanan dengan berfikiran bahwa makanan tersebut dapat saja mengandung lemak dan kalori, sehingga dapat menyebabkan berat badan mereka naik. Remaja penderita anoreksia umumnya identik dengan tubuh kurus, karena mereka sangat menghindari lemak dan jenis makanan tertentu seperti susu, daging atau gandum, dengan beralasan bahwa mereka sedang menjalani diet khusus. Penderita anoreksia biasanya sering merasa gampang lelah dan lesu dan sering menarik diri dari kegiatan sosial> Mereka biasanya lebih memilih untuk sendirian sehingga mereka dapat mempertahankan kontrol diet mereka.

anorexia

Penyebab Utama
Penyebab anoreksia sebenarnya masih belum diketahui, meskipun mungkin terdapat beberapa kombinasi faktor biologis, psikologis, dan lingkungan. Anak-anak berusia antara 13 hingga 17 tahun dapat memiliki gangguan makan karena tekanan akademik dan faktor pergaulan selama masa remaja, dikombinasikan dengan perubahan fisik dan emosional tubuh yang mereka jalankan. Orang-orang ini memiliki kecenderungan untuk kesempurnaan juga mungkin memiliki kecenderungan genetik terhadap anoreksia. Selain itu, mereka juga memiliki disiplin diri yang tinggi dalam menjalankan diet secara ketat. Gangguan makan sering terjadi di dalam keluarga, yang mungkin sebagian disebabkan oleh perilaku remaja yang diturunkan dari orang tua mereka, atau kurangnya predisposisi genetik bagi anoreksia.

Metode Pengobatan
Seorang remaja penderita anoreksia dapat sepenuhnya pulih ketika dia makan secara normal dan kooperatif dalam menjalankan perubahan pola makan nya. Anoreksia perlu menjalani pemantauan khusus bagi upaya pemulihan mereka, karena komplikasi kesehatan juga bisa menjadi penyebab dari anoreksia. Psikolog dan para ahli diet sering membantu dalam konseling remaja anoreksia tentang gizi dan membantu mereka kembali memiliki berat badan yang normal dan sehat. Peran individu serta terapi keluarga sangat bermanfaat untuk mengobati perilaku serta pikiran yang bisa berkontribusi terhadap anoreksia. Jika diperlukan, antidepresan dapat diresepkan untuk penderita anoreksia yang juga menderita depresi atau gangguan kesehatan mental lainnya.

Komplikasi
Anorexia dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan, ketika dalam kasus yang parah bahkan bisa berakibat fatal. Remaja anoreksia sering rentan terhadap penyakit jenis anemia atau pengeroposan tulang. Bahayanya, hal ini juga dapat meningkatkan risiko patah tulang. Wanita yang menderita anoreksia bisa saja berhenti mendapatkan menstruasi (kondisi ini sering disebut sebagai amenore), sedangkan laki-laki mengalami penurunan kadar testosteron. Masalah pencernaan juga dapat terjadi, seperti munculnya rasa kembung, sembelit, serta irama jantung abnormal yang dapat menyebabkan gagal jantung. Remaja penderita anoreksia sering juga menderita depresi, gangguan obsesif-kompulsif atau gangguan kecemasan.

Jika Anda merupakan salah satu orangtua dari Anak penderita kurangnya nafsu makan atau anoreksia, segeralah memberikan perhatian ekstra pada anak Anda. Pelajari terlebih dahulu apa penyebab utamanya. Kemudian, Anda dapat melakukan pendekatan terhadap anak sambil memberikannya masukan tentang manfaat gizi serta pola hidup sehat. Jika hal ini tidak memberikan pengaruh besar, konsultasilah kepada psikolog atau dokter gizi dalam membantu mengembalikan pola makan normal anak Anda.

Sumber Gambar: http://turl.ca/mwqsd

Related Keyword: