analisis kesehatan

Analis Kesehatan

Analis Kesehatan 

Pandangan kebanyakan masyarakat saat ini selalu menganggap bahwa profesi di bidang kesehatan itu hanya dokter, bidan, dan perawat saja. Padahal, selain itu masih ada banyak profesi tenaga medis lainnya, salah satunya adalah analisis kesehatan atau juga biasa disebut dengan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan. Analisis kesehatan adalah orang-orang yang memiliki keterampilan tinggi yang bertugas untuk melaksanakan, mengevaluasi prosedur laboratorium dan memanfaatkan berbagai sumber daya pendukung yang ada.

Di Indonesia sendiri memang lebih populer dengan istilah Analisis Kesehatan jika dibandingkan dengan Ahli Teknologi Labkes. Sedangan di kancah internasional seperti di United States dan Kanada, mereka menggunakan istilah Medical Laboratory Technologist. Di United Kingdom dikenal dengan istilah Biomedical Scientints serta Rinshoukensagishi adalah sebutan yang digunakan di Jepang. Walaupun dikenal dengan istilah yang bermacam-macam, secara umum pekerjaan serta tanggung jawabnya sama.

Mengenal Teknologi Laboratorium Kesehatan
Ini merupakan disiplin ilmu medis yang memberikan perhatian pada semua aspek analitik dan laboratoris terhadap jaringan atau cairan tubuh manusia serta ilmu medis.

analisis kesehatan

analisis kesehatan

Tugas
Analisis kesehatan memiliki beberapa tugas untuk melakukan berbagai macam tes medis seperti Kimia Klinik. Hematologi, Imunoserologi, Mikrobiologi, Toksikologi, Kimia air, Kimia makanan, Biologi Molekuler, atau Patologi Anatomi. Tes-tes ini menggunakan instrumentasi untuk memperlancar proses diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit. Analisis kesehatan bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan mempersiapkan sampel seperti cairan tubuh, darah, dan jaringan serta menginterpretasi hasil. Tenaga tenaga analisis biasanya juga berkerja secara independen. Walaupun demikian, mereka juga menjadi bagian penting dari layanan kesehatan. Di Indonesia, tenaga analisis memiliki tugas dan kemampuan yang berbeda. Tenaga tersebut tidak hanya menunjung terhadap analisis spesimen klinis, tetapi juga analisis non abiotik seperti makanan, air, dan minuman.

Peran Analisis Kesehatan
Analisis kesehatan dalam melaksanakan kewajiban pelayanan kesehatan memiliki peranan penting sebagai pelaksana teknis untuk pelayanan laboratorium medis, sebagai pelaksana teknis operasional, peneliti, dan penyuluh di bidang laboratorium kesehatan atau promoting health laboratory.

Fungsi Analisis Kesehatan
Ada beberapa fungsi analisis kesehatan dalam memberikan pelayanan laboratorium medis dan melaksanakan tugasnya di antaranya adalah mempersiapkan proses teknis operasional, melakukan uji analitik terhadap spesimen dan reagen, mengembangkan prosedur untuk mengambil serta memproses spesimen, mengoperasikan dan memelihara instrumen di laboratorium, menjaga keselamatan kerja di lingkungan laboratorium, dan mengevaluasi data lab untuk memastsikan prosedur dan akurasi pengendalian mutu. Selain itu, analisis kesehatan sebenarnya juga masih memiliki beberapa fungsi lain misalnya membantu klinisi untuk memanfaatkan data lab untuk menginterpretasikan hasil tes lab, mengorganisir kegiatan lab, melakukan penelitian, dan memberikan penyuluhan pada masyarakat yang berhubungan dengan lab medis.

Kompetensi Analisis Kesehatan
Sebelum terjun ke lapangan kerja yang sesungguhnya, seseorang yang ingin menjadi tenaga analisis kesehatan atau ahli teknologi laboratorium harus memiliki beberapa kompetensi yang harus dicapai, salah satunya adalah menguasai ilmu yang berhubungan dengan kewajiban dan fungsinya di lab medis. Mereka juga harus dapat merancang proses yang berhubungan dengan tugas dan fungsi mereka di lab sesuai dengan jenjangnya. Keterampilan tentu menjadi salah satu kompetensi yang harus dicapai karena tanpa keterampilan untuk proses operasional, seorang tenaga ahli lab tidak bisa melakukan tugasnya.

Sementara itu, keterampilan itu sendiri juga terdiri dari berbagai macam seperti keterampilan untuk mengambil spesimen, melaksanakan prosedur lab, dan keterampilan memelihara alat-alat yang ada di lab kesehatan.

Sumber gambar : http://bit.ly/13aXnO0

Related Keyword: