alat-alat kesehatan

Alat Alat Kesehatan

Alat Alat Kesehatan

Alat-alat kesehatan tentu bukan sesuatu yang asing lagi di telinga kita. Bahkan, tanpa kita sadari kita mungkin sudah sering menggunakannya namun tidak tahu namanya. Di bidang medis, alat kesehatan memang sangat banyak. Namun, ada beberapa alat medis yang umum digunakan. Supaya saat kita pergi ke rumah sakit nanti baik itu memeriksakan diri atau mengantar saudara kita tidak bingung, berikut ini nama-nama dan fungsi alat kesehatan yang sering digunakan oleh dokter saat memeriksa pasien.

Jarum Infus (Abocath)
Jika seseorang dirawat di rumah sakit dan diinfus, tentu alat kesehatan yang dimasukkan pertama kali adalah jarum infus yang ditusukkan ke pembuluh darah. Jarum infus itu disebut dengan Abocath. Sebenarnya, Abocath itu terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah bagian yang berisi jarum. Jarum ini ukurannya lebih panjang daripada bagian luar. Jarum ini berfungsi untuk memasukkan Abocath yang bagian luarnya terbuat dari plastik. Setelah jarum masuk ke pembuluh darah semua, maka jarum yang ada di bagian dalam tadi dicabut kemudian bagian luarnya ditinggal di dalam pembuluh darah. Bagian luar tersebut berfungsi untuk jalan masukkan cairan infus.

Selang Infus (Transet)
Selang infus atau transet berfungsi untuk jalan masuknya cairan infus ke dalam tubuh. Sesuai dengan namanya selang infus berfungsi khusus untuk cairan infus. Sedangkan transet berfungsi untuk transfusi. Selang infus tidak dapat digunakan untuk transet namun transet dapat digunakan sebagai selang infus. Perbedaan antara selang infus dan transet ini terletak pada saringannya. Di transet ada saringannya sedangkan selang infus tidak memiliki saringan.

Suntikan atau Spuit
Suntikan digunakan untuk meletakkan cairan yang akan disuntikkan ke dalam tubuh melalui jarum suntik. Suntikan terdiri dari berbagai ukuran mulai dari 1 ml hingga 20 ml. Ukuran jarum disesuaikan dengan ukuran suntikan.

Stetoskop
Alat kesehatan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi karena setiap kita periksa ke dokter pasti dokter selalu menggunakan alat ini. Stetoskop adalah alat yang berfungsi untuk mendengar suara nafas dan detak jantung

alat-alat kesehatan

Tensimeter
Alat kesehatan ini juga sangat umum di dunia medis dan berfungsi untuk mengukur tensi seseorang. Tensimeter terdiri dari beberapa jenis yakni tensimeter manual dan tensimeter digital. Tensimeter digital lebih mudah karena hasilnya langsung terlihat di layar. Sementara itu untuk menggunakan tensi manual lebih sulit. Saat ini jenis tensimeter yang digunakan adalah tensimeter yang manual. Tensimeter manual juga biasa disebut dengan tensimeter air raksa. Walaupun di Indonesia masih banyak digunakan di luar negeri sudah tidak boleh digunakan lagi karena resiko bahaya air raksa jika tensimeter tersebut pecah.

Termometer
Ini merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur suhu seseorang. Alat kesehatan ini biasanya juga tersedia di rumah karena dapat membantu seseorang mengetahui apakah mereka demam atau tidak. Termometer terdiri dari dua macam yaitu termometer manual dan termometer digital. Untuk termometer digital, Anda sudah bisa melihat hasilnya hanya dalam 15 detik saja. Namun, untuk termometer manual harus menunggu sekitar lima hingga lima belas menit. Cara penggunaan termometer juga bermacam-macam, ada termometer yang digunakan lewat ketiak, dimasukkan ke mulut, bahkan ada yang digunakan lewat anus.

Pinset
Pinset atau jepitan terdiri dari dua macam yaitu pinset anatomi dan pinset cilurgi. Untuk membedakan kedua jenis pinset ini cukup mudah yaitu pinset yang ada giginya dan yang tidak ada giginya. Walaupun bentuknya sedikit berbeda, kedua jenis pinset ini memiliki fungsi yang sama yaitu digunakan untuk merawat luka atau untuk tindakan lain yang memerlukan bantuan pinset.

Endoskopi
Endoskopi merupakan salah satu alat-alat kesehatan yang digunakan untuk mengetahui apakah ada kelainan yang terjadi pada tenggorokan dan alat-alat pencernaan atas. Alat ini bentuknya mirip dengan teropong. Pemeriksaan di dalam saluran pencernaan dengan alat kesehatan ini memiliki beberapa keunggulan seperti meminimalisir tindakan pengobatan, dapat menggantikan tindakan operasi, biaya lebih murah, dan hasil pemeriksaannya lebih cepat.

Itu tadi beberapa alat-alat kesehatan yang sering kita temui di klinik maupun rumah sakit.Sebenarnya masih banyak alat kesehatan lainnya yang memiliki fungsi umum dan fungsi khusus dalam dunia medis.

sumber gambar : http://easyurl.net/e6e1e

Related Keyword: